fbpx

Berapa Harga & Biaya pasang lift di rumah?

Biasanya pusat perbelanjaan atau gedung perkantoran yang tinggi memiliki lift. Jarang ada rumah yang menggunakan lift mengingat harga lift rumah juga tidak bisa dibilang murah dan lantai rumah yang masih bisa dijangkau dengan tangga. Biaya adalah salah satu alasan utama mengapa menggunakan lift di rumah tidak populer di Indonesia.

Tuan rumah tentunya harus rela menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk memasang lift di rumah tempat tinggal mereka. Namun, bukan berarti orang Indonesia tidak tertarik dengan lift rumah. Bagi mereka yang memiliki uang lebih, memasang lift adalah keputusan yang tepat. Apalagi jika rumah tersebut terdiri dari dua lantai atau lebih dan tinggal bersama dengan lansia.

Terlepas dari harganya, lift menyediakan akses mudah ke lantai tertentu. Jadi Anda tidak perlu membuang banyak energi untuk naik turun tangga yang tentunya sangat membantu lansia yang sulit untuk naik turun tangga bahkan bisa membahayakan keselamatan. Menggunakan lift akan menghemat lebih banyak waktu.

 

 

Harga Lift Rumah

Harga lift rumah sebenarnya berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor yaitu:

 

Jumlah Lantai

Jumlah lantai dalam sebuah rumah sangat berkaitan dengan pemilihan lift. Semakin tinggi lantai, semakin mahal liftnya. Hal ini juga mempengaruhi desain dan bahan yang digunakan. Jumlah pemberhentian yang diinginkan juga mempengaruhi total biaya pemasangan lift rumah. Anda bisa langsung menghubungi kontraktor lift terpercaya Anda untuk membahas hal ini.

 

Rumah Sudah Jadi atau Sedang Dibangun

Memasang lift rumah di rumah jadi lebih mahal daripada ketika masih sedang dibangun. Karena hal ini tentunya mengharuskan produsen atau kontraktor lift untuk mendesain ulang rumah agar dapat menampung lift.

 

Ukuran dan Daya Angkut Lift

Anda juga perlu memperhatikan daya tampung dan ukuran lift yang akan dipilih. Secara umum, kapasitas angkut lift rumah lebih kecil daripada yang biasa ditemukan di pusat perbelanjaan. Kapasitas beban berkisar dari 250 kg (untuk 3 orang) hingga 420 kg (untuk 5 orang). Pertimbangkan lift yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semakin besar ukuran dan kapasitasnya tentu lift akan lebih mahal.

 

Bahan Finishing

Anda juga dapat memperhatikan bagian finishing dari lift. Lift rumah biasanya dihias dengan beberapa pilihan model. Baja tahan karat, baja dicat, baja multi-layer, lapisan kaca, dll. Masing-masing finishing ini memiliki label harga yang berbeda.

 

Fitur Lift

Anda dapat menemukan lift dengan beberapa fitur tambahan yang tentunya juga akan menambah biaya lift. Misalnya, adanya fungsi ARD (Automatic Rescue Device) untuk menjamin keselamatan pengguna jika terjadi pemadaman listrik. Ada juga elevator yang dilengkapi dengan pendingin atau sensor seismik. Fitur-fitur tersebut tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

Daya Listrik

Lift rumah tangga membutuhkan konsumsi daya yang relatif tinggi. Biasanya lift ini membutuhkan antara 1000 hingga 2000 watt. Lift rumah juga dapat menggunakan listrik rumah tangga fase tunggal 220V atau listrik tiga fase 380V.

Namun, biaya listrik lift rumah bisa lebih rendah karena memiliki sistem panel kontrol lift. Ini adalah produk dengan teknologi inverter yang diterapkan. Ada juga motor gearless yang dinilai lebih ramah lingkungan dan irit. Listrik di lift rumah ini hanya digunakan saat lift berjalan sedangkan konsumsi daya standby adalah 0W.

 

Sistem Kerja Lift Rumah

Biaya pasang lift di rumah juga akan disesuaikan dengan sistem kerja lift yaitu hidrolik, traction atau sistem pneumatic vacuum, dan screw-driving. Tiang penopang juga menjadi faktor penentu harganya yang umumnya terdiri dari dua pilihan yaitu tiang penopang mandiri dan tanpa tiang penopang.

Phone

 
Phone  

Whatsapp

 
Whatsapp  

Quotation

 
Quotation