fbpx

Rumah Aman dan Nyaman Bagi Para Difabel

Rumah adalah tempat bagi seseorang untuk berteduh dari teriknya matahari dan dinginnya udara malam. Rumah juga merupakan tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga; bersenda gurau dan berkeluh kesah. Maka dari itu, rumah harus dibuat senyaman mungkin agar pemiliknya selalu ingin berada disana.


Memiliki rumah yang nyaman serta aman adalah impian bagi semua orang, dan tentu saja hal itu harus ditunjang dengan fasilitas yang memadai, terutama bagi para difabel. Lalu, bagaimana membuat rumah yang nyaman bagi difabel?

Rumah bagi para difabel harus di desain secara khusus, jangan lupa untuk memperhatikan keamanan, kenyamanan, serta aksebilitas, hal tersebut perlu dilakukan agar dapat memudahkan mereka dalam beraktifitas. Berikut ini adalah beberapa tips membuat rumah yang aman dan nyaman bagi para difabel.

 

Bentuk Bangunan

Hal pertama yang harus diperhatikan tentu saja bentuk bangunan. Bentuk rumah bagi para difabel tidak boleh memiliki sisi yang runcing, usahakan pula membuat pijakan yang tidak licin, alih-alih menggunakan tangga lebih disarankan untuk membuat bidang miring agar memudahkan aksebilitas mereka ketika menggunakan kursi roda.
Selain itu, jika rumah pada umumnya dibuat berbeda tinggi antara ruangan satu dengan ruangan lainnya, misal lantai ruang tamu lebih tinggi dari lantai kamar tidur. Maka, khusus bagi para difabel, bangunan rumah untuk mereka tidak boleh memiliki tinggi yang berbeda antara satu ruangan dengan ruangan yang lainnya agar tidak membahayakan.

 

Desain Kamar Mandi

Lantai kamar mandi harus menggunakan keramik bertekstur agar tidak mudah licin, serta ukuran kamar mandi harus luas agar pengguna kursi roda dapat bergerak dengan bebas.
Kemudian, perhatikan pula posisi kemiringan pembuangan airnya agar lantai kamar mandi tetap kering.

 

Lift Rumah Aksesibilitas

Hal selanjutnya yang memerlukan perhatian khusus adalah aksesibilitas. Jika rumah tersebut memiliki dua lantai atau lebih, tentu membutuhkan aksesibilitas untuk seseorang berpindah dari satu lantai ke lantai lain.

Tangga merupakan aksesibilitas yang biasa digunakan untuk membuat seseorang berpindah lantai, namun hal itu tidak direkomendasikan bagi para difabel karena selain curam, kursi roda tidak bisa melewati tangga.

Kemudian, pilihan lainnya untuk berpindah tempat adalah menggunakan bidang miring untuk membuat lintasan kursi roda. Namun, akan banyak kendala ketika menggunkan bidang miring, salah satunya adalah para difabel harus selalu didampingi oleh orang lain.

Namun, saat mereka sedang sendiri di rumah dan ingin pindah ke lantai 2 atau turun ke lantai 1, mereka akan kesulitan karena mereka harus mendorong kursi roda mereka sendiri sedangkan hal itu akan membuat lelah dan membahayakan mereka. Bukankah bidang miring yang digunakan sebagai cara untuk pindah lantai juga akan mempersulit mereka?

Lalu, apa aksesibilitas yang dapat memudahkan mereka? Kami sangat menyarankan anda untuk memasang lift rumah demi keamanan dan kenyamanan para difabel.

Lift rumah adalah teknologi yang diciptakan untuk memudahkan perpindahan dari lantai ke lantai. Selain mempermudah para difabel melakukan aktifitas, lift rumah juga membuat mereka aman dan nyaman berpindah lantai walau tanpa bantuan orang lain. Anda hanya tinggal memencet tombol akses atau menempelkan kartu akses anda, maka lift akan terbuka dan dalam hitungan detik anda akan pindah lantai.

Lift canggih dan berkualitas bagus, bisa anda lihat lift kami disini, atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Telepon

 
Telepon  

Whatsapp

 
Whatsapp  

Quotation

 
Quotation